Minggu, 10 Oktober 2010

Talenta

Matius 25 : 14 - 30

Dalam perumpamaan Tuhan Yesus tentang talenta dikisahkan seorang tuan hendak bepergian jauh. Ia memberikan kepada tiga orang hambanya masing-masing lima, dua, dan satu talenta. Ketika sang tuan kembali, ia mendapati hamba yang memperoleh lima dan dua talenta telah mengelola talenta dengan baik, sehingga menghasilkan dua kali lipat. Maka, sang tuan pun memujinya. Sedang hamba yang memperoleh satu talenta malah menguburnya dan tidak menghasilkan apa-apa, sehingga sang tuan menegurnya dengan keras.

Melalui perumpamaan tersebut kita belajar bahwa setiap orang pada dasarnya punya talenta. Tidak ada orang yang sama sekali tidak diberi talenta apa-apa oleh Tuhan. Hanya memang ada yang diberi banyak, ada yang diberi sedikit. Namun, banyak sedikitnya talenta itu bukan soal, sebab yang penting adalah bagaimana kita mengelolanya. Apakah kita mengelolanya dengan baik, sehingga menjadi berkat? Atau, malah menguburnya dan tidak menghasilkan apa-apa.

Tentu kita tidak akan pernah menyia-nyiakan talenta yang Tuhan percayakan kepada kita. Dalam hidup persekutuan Jemaat Pondok Melati, pada saat ini juga kita akan menyaksikan dan mendukung dalam doa dan karya pelayanan dari Saudara-saudara kita yang diteguhkan sebagai Majelis Jemaat dan PPJ periode 2010-2014. Segala sesuatu akan dapat berjalan dengan baik jika kita selaku jemaat, selaku satu tubuh Kristus akan saling menopang dan mendukung dalam mengembangkan semua talenta yang ada pada kita, untuk kita persembahkan kepada Tuhan sebagai pujian syukur bagiNya.

Amin.

Pdt. Lisanty T. Lasso